Pelatihan Kompetensi Amil Diselenggarakan oleh Baznas Sumenep, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNIA Prenduan, serta BLKK Al-Amien

Uncategorized

Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumenep menyelenggarakan pelatihan kompetensi amil yang berlangsung di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Al-Amien (UNIA) Prenduan. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara Baznas Sumenep, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNIA Prenduan, dan Balai Latihan Kerja Kompetensi (BLKK) Al-Amien sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa yang fokus dalam bidang filantropi.

Acara pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Baznas Sumenep, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNIA Prenduan, serta perwakilan dari BLKK Al-Amien. Dalam sambutannya, perwakilan Baznas Sumenep menyampaikan pentingnya peran amil zakat yang berkualitas dalam menjalankan tugasnya sebagai perantara antara muzakki (pemberi zakat) dan mustahik (penerima zakat).

Selama enam hari pelatihan berlangsung, para peserta diberikan materi-materi yang terkait dengan manajemen zakat, etika dan tata cara penyaluran zakat, serta pengetahuan tentang hukum-hukum zakat dalam perspektif agama Islam. Selain itu, pelatihan juga mengajarkan keterampilan teknis dalam mengelola data dan administrasi zakat secara efisien dan transparan.

Menurut Dr. KH. Holilur Rahman, M.HI, dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UNIA Prenduan, kerjasama ini adalah langkah nyata dalam memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan umat. Dengan meningkatnya kompetensi para amil zakat, diharapkan penyaluran zakat di Kabupaten Sumenep dapat lebih tepat sasaran dan berdampak secara nyata bagi kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *